Jumat, 01 Maret 2013

PENGENALAN TENTANG LINGKUNGAN BISNIS

amikom

DASAR LINGKUNGAN BISNIS

Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan

Faktor Lingkungan Bisnis :
1. Lingkungan Mikro Bisnis
adalah para pelaku yang secara langsung berkaitan dengan lingkungan, yang mempengaruhi perusahaan
2. Lingkungan Makro (umum)
adalah kekuatan-kekuatan yang timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi operasional perusahaan
Lingkungan Makro terdiri dari :
A. Faktor Ekonomi
Yang perlu dianalisis adalah :
- Siklus ekonomi
- Gejala inflansi dan deflasi
- Kebijaksanaan moneter
- Neraca pembayaran
B. Faktor Demografi
Terdiri dari :
- Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
- Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan perubahan umurnya.
- Distribusi pendapatan.
- Tingkat pengangguran.
C. Faktor Geografi
Faktor geografi juga penting diamati oleh perencana strategi, untuk menentukanpeluang dan ancaman perusahaan.

D. Faktor Teknologi
Perubahan teknologi membawa pengaruh terhadap perkembangan perusahaan.

E. Faktor Pemerintah
Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam berbagai bentuk peraturan, dapat merupakan peluang bagi perusahaan dan dapat pula hambatan / ancaman bagi perusahaan.

F. Faktor Sosial
Sosial adalah kebiasaan dan nilai-nilai sosial lingkungan masyarakat, khususnya langganan dan karyawan.

G. Faktor Politik
1. Kekuatan politik
2. Perbedaan ideologi.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KONDISI LINGKUNGAN

Disebut sebagai lingkungan kegiatan usaha :
Lingkungan pasar :
a. para pelanggan
b. perusahaan yang menyediakan bahan mentah
c. para pekerja dalam perusahaan
d. perussahaan pesaing maupun yang bukan pesaing
e. kegiatan ekonomi pada keseluruhan
f. PP/UU
g. kestabilan politik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar